olahraga untuk perempuan

5 Jenis Olahraga untuk Perempuan, Kamu Bisa Coba

Menghabiskan akhir pekan dengan berolahraga merupakan hal yang menyehatkan tubuh, ada beberapa jenis olahraga untuk perempuan bisa kamu coba dan tentunya aman. Beberapa diantaranya seperti Zumba, Yoga, Renang, beberapa jenis bela diri, dan lain sebagainya.

Olahraga merupakan aktivitas wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang, selain untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar, olahraga juga dapat melatih konsentrasi serta baik untuk kesehatan rohani.

Orang yang rutin berolahraga dengan orang yang tidak pernah melakukan olahraga akan terlihat jelas perbedaannya, mulai dari bentuk tubuh, kekuatan tubuh, kebiasaan sehari-hari, makanan, hingga waktu tidur.

Baca Juga : Menghasilkan Uang dari Hobi Main Game? Esports Jawabannya

Kurangnya olahraga tidak hanya mempengaruhi kesehatan dalam tubuh saja, melainkan juga mood atau perasaan kita sehari-hari. Jika kurang berolahraga, seseorang biasanya akan merasa lebih cepat lelah dan letih, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

5 Jenis Olahraga untuk Perempuan

Olahraga tidak hanya dilakukan oleh laki-laki saja, namun juga penting bagi perempuan. Namun tentunya kamu harus menyesuaikannya dengan kondisi tubuh. Sehingga kamu bisa mendapatkan hasil maksimal.

olahraga untuk perempuan

Jenis olahraga bagi perempuan yang aman bisa dilihat dari intensitas, gerakan, hingga alat yang digunakan. Sebagai perempuan kamu harus berhati-hati dalam memilih jenis olahraga, sehingga saat berolahraga tidak menimbulkan cedera.

Berolahraga dapat dilakukan dimana saja, selain tempat khusus seperti fitness/gym, lapangan, taman, dan kolam renang, kamu bisa berolahraga di rumah. Selain tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya, kamu juga bisa melakukannya tanpa meninggalkan aktivitas harian.

1. Zumba, Perpaduan Tari dan Olahraga untuk Perempuan

Olahraga bagi perempuan yang pertama adalah zumba. Zumba merupakan perpaduan gerakan tarian yang menyenangkan dan membuat banyak orang menyukainya. Selain itu, tempo gerakan juga cukup cepat dan bersemangat.

Zumba meningkatkan fleksibilitas, reflex, keseimbangan, koordinasi, dan membantu tubuh merasa lebih nyaman dalam melakukan gerakan. Zumba juga membantu kamu untuk menjaga bentuk tubuh ideal dengan gerakan menyenangkan, sehingga kamu tidak merasa lelah saat berolahraga.

Biasanya untuk melakukan olahraga ini, kamu akan ditemai oleh music yang mengiringi gerakan. Sebagian besar gerakan zumba adalah melibatkan semua anggota gerak tubuh.

2. Melatih Pikiran dan Konsentrasi dengan Yoga

Olahraga untuk perempuan selanjutnya adalah yoga. Yoga baik untuk menjaga kesehatan serta keseimbangan tubuh, selain itu yoga juga membantu kita untuk tetap tenang dan berpikir positif.

Kamu juga bisa melatih konsentrasi dengan melakukan olahraga satu ini. Karena berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran, yoga sangat baik dilakukan bagi perempuan yang memiliki rutinitas padat. Yoga dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan lantai sebagai medianya.

Selain memperoleh banyak manfaat kesehatan, orang yang melakukan yoga juga bisa mendapatkan banyak manfaat lainnya, seperti tubuh menjadi lebih relax dan segar. Ada juga orang yang melakukannya karena ingin mendapatkan kedamaian batin.

3. Melatih Otot dengan Kelas Spinning

Spinning merupakan olahraga untuk perempuan yang cukup membakar lemak dalam tubuh, melakukannya selama 40 menit dapat membakar lemak tubuh hingga 500 kalori. Selain itu, spinning juga dapat mencegah cedera yang tidak diinginkan.

Banyak perempuan yang mengikuti kelas spinning karena ingin mengencangkan otot-otot, selain itu juga dapat melatih kelompok otot besar seperti betis dan hamstring.

4. Menyegarkan Diri dengan Olahraga Renang

Hampir semua orang menyukai olahraga untuk perempuan ini, berenang merupakan jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bagi perempuan yang ingin berolahraga tanpa berkeringat, kamu bisa memulainya dengan berenang.

Berenang dapat meningkatkan detak jantung, meningkatkan kekuatan, hingga mengencangkan otot. Selain itu juga dapat meningkatkan kebugaran serta mengatur berat badan.

5. Seni Bela Diri Muay Thai

Jenis olahraga bagi perempuan lainnya adalah Muay Thai, salah satu seni bela diri ini sangat efektif bagi perempuan. Kombinasi latihan berat dengan menggunakan tubuh sendiri dan gerak eskplosif yang tergabung dalam latihan akan mengembangkan otot dan stamina fisik.

Sesuaikan jenis olahraga dengan kemampuan tubuh yang kamu miliki, sehingga manfaat kesehatannya akan lebih terasa. Beragam jenis olahraga untuk perempuan bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.