Stretching Setelah Olahraga

Stretching Setelah Olahraga Sangat disarankan Professional

Melakukan stretching setelah olahraga sangat disarankan oleh para professional. Kamu bisa saja tidak menyadarinya, tetapi akan langsung rajin melakukannya. Sensasi ketika stretching juga sebenarnya sangat nyaman, rasa malas yang sering membuat itu tidak dilakukan.

Stretching, proses peregangan otot pada bagian tertentu, adalah aktivitas yang cocok kamu lakukan setiap kali setelah latihan. Ingat, stretching itu bukan bagian dalam latihan, dan kamu hanya perlu melakukannya untuk membuat hasil latihan sebelum dan sesudah maksimal.

Stretching tidak membuat kamu berkeringat seperti olahraga cardio. Gerakan cardio akan membuat otot bagian tertentu tidak nyaman, kebas, ataupun pegal. Sehingga untuk kembali membuatnya normal, stretching adalah satu pilihan yang perlu dilakukan sekarang juga!

Baca Juga : Daftar Tim e-Sport Tersukses di Dunia Tahun 2022

Kamu akan merasakan langsung perasaan nyaman ketika stretch. Tetapi bukan hanya soal perasaan yang nyaman dan menghilangkan lelah, tetapi ada lagi manfaat lain. Ini adalah cara paling efektif untuk dilakukan secara kombinasi antara gerakan utama dan baru stretch.

Alasan Umum dari Professional Mengenai Stretching Setelah Olahraga

Hampir semua orang mengatakan stretching itu penting, tetapi kalau bukan professional yang mengatakannya, kamu mungkin tidak percaya. Apa yang penting ketika melakukan gerakan ini adalah sabar dan menahan sedikit sakit. Setelahnya, manfaat yang terasa antara lain:

  1. Stretching Membuat Kadar Stress Menurun

Dengan stretching, secara otomatis itu akan membuat kadar stress menurun. Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi karena perasaan rileks saat stretching ini, yang bisa kamu dapatkan adalah otot yang meregang dan itu akan membuat tenang.

  1. Membangun Otot yang Baru

Stretching ini sama dengan membuat kinerja otot yang dipaksa bekerja tadi lebih optimal. Para professional juga menyarankan stretching setelah olahraga karena itu bisa membangun bagian otot yang baru, dan menyeimbangkan titik yang bekerja.

  1. Membuat Postur yang Lebih Baik

Dengan melakukan gerakan stretching, kamu akan mendapat bagian dan postur tubuh yang tepat. Coba saja kamu lihat, setelah habiskan waktu berjam-jam duduk di kantor, saat berdiri, yang akan kamu lakukan langsung saat itu adalah stretching, bukan?

  1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Professional sangat menyarankan gerakan stretching dilakukan karena ini bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh. Otot yang tidak meregang ini membuat elastisitas tubuh menjadi lebih baik, dan kamu akan nyaman melakukan aktivitas apapun.

  1. Memastikan Kamu Sendiri Jauh dari Cidera

Dalam konteks olahraga, kamu pasti tahu soal fase cooldown. Dan itu juga yang menjadi alasan kamu butuh stretching setelah olahraga. Ini akan membuat otot yang sebelumnya berkontraksi secara perlahan menurunkan kadar kontraksinya itu.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah juga akan membaik kualitasnya, terlebih karena otot tidak tegang. Sebagaimana kita tahu, darah akan mengalir ke seluruh tubuh, dan otot yang sedang tegang akan membuat aliran dan sirkulasi darah ke bagian itu tidak normal.

  1. Meningkatkan Performa Fisik

Semakin rajin kamu melakukan gerakan stretching, semakin bagus juga efeknya. Kamu menjadi mengalami peningkatan di sektor performa fisik jika rajin stretching. Maka dari itu, jangan lupakan gerakan stretching setelah olahraga dan lihat efeknya!

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Ini pasti masih jarang diketahui, padahal cukup penting. Setiap kali kamu lebih rileks, kandungan kolesterol akan lebih stabil, dan ini juga masih ada kaitan dengan aliran sirklasi darah. Stretching dapat mengontrol LDL atau bad cholestrol.

Olahraga adalah kegiatan yang perlu kita lakukan. Di pagi hari, kita bisa melakukan olahraga kecil, dan di malam hari, setelah semua kegiatan usai, bisa dilanjutkan dengan stretching. Stretching setelah olahraga itu penting, terutama untuk manfaat fisik setelah olahraga.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.